Mie Katsu vs Nasi Katsu X-3M Subha Galeria Mall

By Rurintana, 13/02/2016

Mie Katsu, sudah lama saya ingin mencicipi makanan yang satu ini. Saya mendengar dari kekasih hati, katanya ada makanan enak di Gale. Galeria Mall Yogyakarta, singkatnya Gale. Si mas pacar ternyata juga tidak tahu pasti dimana yang jual Mie Katsu ini. Informasi yang dia dapat hanya sebatas di Foodcourt Gale. Entah disebelah mananya. Di Gale, ada dua tempat makan, jenis Foodcourt begitu. Foodcourt lantai atas dan lantai bawah. Lantai atas, lebih tepatnya bernama Subha Foodfest. Lantai bawah? Sayangnya saya tidak tahu apa namanya. Harap maklum, saya bukan tipe orang yang suka makan di mall. Biasanya nge-mall cuma ngadem, looking-looking atau sebatas nongski cantik cantik ala syahrini.

Dengan informasi yang minim tentang mie katsu, mulailah kami menjelajah Gale. Saking excitednya, langsung saja saya menuju eskalator yang ada di depan happy bee resto. Subha tujuan pertama saya. Mak Dheg, byuh lha kok ruame men. Sesepinya foodcourt mall, ya tetap saja ramai. Apalagi pas saya kesana, ngepasi juga pas jam makan malam. Pas! Dengan mengelilingi Subha, fokus saya mencari mie katsu. Entah tulisan atau gambar. Pokoknya mie katsu. Sekilas melihat-lihat. Sak klebat, sedihnya tidak menemukan menu mie katsu. Pun sama di lantai bawah, mission failed to found this. Mie Katsu!

Mie katsu dengan kuah, salad sayur dan sambal

Mie katsu dengan kuah, salad sayur dan sambal

Saya bukan tipe orang yang mudah menyerah. Lebih tepatnya ngeyel. Beberapa hari kemarin saya kembali merengek meminta untuk ditemani ke Gale. Masih belum move on dari Mie Katsu. Belajar dari misi pertama yang belum tercapai, kali ini saya bertanya kepada simbah yang serba tahu. Yap, simbah google. Usut punya usut, tempat yang menjual mie katsu ini bernama X-3M (baca : Ekstrim). Dan benar saja, Ekstrim ini ada di Subha. Sesampainya di Gale, kami langsung menuju Subha. Setelah melihat dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, ketemulah dia. X-3M ini letaknya hampir di pojokan. Jika saya tidak salah mengingat, ada empat menu yang ditawarkan; Mie katsu, Nasi Katsu, Mie ayam Komplit dan yang satunya saya lupa. Tanpa mempedulikan menu lain, langsung saya memesan Mie katsu + Es teh dan pacar mengkhianati saya dengan memesan Nasi Katsu + Teh Anget.

Nasi Katsu dengan salad dan saos sambal

Nasi Katsu dengan salad dan saos sambal

Mie Katsu dan Nasi katsu. Satu porsi mie katsu atau nasi katsu dibandrol Rp. 16.000 (enam belas ribu rupiah). Untuk tehnya, seharga Rp. 2000 (dua ribu rupiah). Total, kami hanya perlu membayar Rp. 36.000 (tiga puluh enam ribu rupiah). Layaknya harga daging, mie katsu pun tak mau kalah bersaing. Harga tersebut lebih mahal dari rewiew yang pernah saya baca. Di review, ada yang menyebutkan Rp 12.000 dan Rp 17.000 untuk menu mie katsu dan tehnya. Saya yakin, itu pasti harga sebelum tahun 2016.

Mie Katsu dan Nasi Katsu. Cara penyajian kedua makanan ini sangat menarik. Square dinner plate ceper dari melamin dengan kembangan hitam yang cantik menjadi pilihan penjual untuk menyajikan mie katsu dan nasi katsu. Mie katsu tidak disajikan sendirian. Kuah mie, sambal dan salad sayur (kubis dan wortel) akan menemaninya. Untuk Nasi katsu, hanya akan ditemani salad sayur dan dua saos sambal dari indofo*d. Pada mie katsu, Mie basah akan disajikan dibawah chiken katsu. Tak kalah menarik dengan mie katsu, nasi berbentuk bunga akan disandingkan dengan chiken katsu. Dengan siraman saus teriyaki di atas chiken katsu, tentu menambah daya tariknya. Tak lupa, sendok dan garpu menyertainya. Sendok dan garpu seperti yang biasa saya dan anda gunakan di rumah itu lho.

Mie Katsu dan Nasi Katsu. Kedua makanan ini enak. Diatas rata-rata, tapi tidak istimewa. Sayangnya untuk mie katsu, mie-nya over-cook. Jadinya agak mblenyek. Terkesan ‘eneg’ setelah dimakan. Kuahnya asin-gurih, salad sayurnya tidak terlalu asam, sambalnya pedas. Perpaduan rasanya pas, terlepas dari mie yang over-cook. Mie katsu dan nasi katsu ini hadir dengan porsi yang tidak sedikit. Daging ayamnya masih dominan. Masih bisa dirasakan. Ukuran daging ayamnya juga besar. Bukan besar karena balutan tepung. Tapi memang besar. Mie dan nasinya juga tidak sedikit lho. Pokok e wareg lah! Porsi dibanding harga tidak mengecewakan, untuk ukuran mall ya.

Mie Katsu dengan mie yang over cook

Mie Katsu dengan mie yang over cook

Mie katsu dan Nasi katsu. Tidak mudah untuk memutuskan mana yang saya pilih selanjutnya. Saya lebih suka mie, hanya saja jika mie-nya over cook maka nasi katsu pilihan yang lebih baik. Jika anda tidak begitu suka dengan makanan jepang, jangan khawatir! Cita rasa makanan ini sudah disesuaikan dengan lidah kita orang Indonesia. Meskipun tidak semuanya sependapat, karena rasa adalah masalah selera. Bagi anda yang ingin menikmatinya, silakan datang ke Subha Galeria Mall Yogyakarta. Anda harus mempersiapkan diri sebelum memutuskan makan di X-3M. Perjuangan untuk menikmati makanan ini tidak mudah. Disinilah kesabaran anda akan diuji. Pasalnya kami harus menunggu selama kurang lebih 45 menit, di jam yang bukan pas jam makan. Waktu yang tidak sebentar bukan?

Incoming search terms:

  • mie katsu galeria
  • harga mie katsu digaleri jogjakarta 2017
  • harga mie chiken katsu
  • harga mie ayam katsu food court galeria mall
  • galeria mall food court
  • foodcourt galeriamall
  • foodcourt galeria mall
  • foodcourt galeria jogja lantai berapa
  • foodcourt galeria
  • subha galeria mall

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *